Perbedaan Mendasar ICO dan IPO Sebagai Crowdfunding

Crownfunding merupakan pengumpulan dana oleh individu atau perusahaan untuk keperluan pendanaan sebuah proyek maupun usaha melalui platform online sehingga menjangkau masyarakat luas. IPO boleh dikatakan cara klasik dari crowdfunding, IPO merupakan singkatan dari kata "Initial Public Offering" atau dengan kata lain penawaran umum perdana
Tehnosia Web
Crownfunding merupakan pengumpulan dana oleh individu atau perusahaan untuk keperluan pendanaan sebuah proyek maupun usaha melalui platform online sehingga menjangkau masyarakat luas.

Perbedaan Mendasar ICO dan IPO Sebagai Crowdfunding
Source: pixabay

Tehnik pengumpulan dana bukanlah hal yang baru bagi perusahaan untuk berkembang dan terus eksis dengan suntikan dana segar dari para investor.
Dengan berkembangnya teknologi, crownfunding berubah mengikuti trend pada saat ini.

IPO boleh dikatakan cara klasik dari crowdfunding, IPO merupakan singkatan dari kata "Initial Public Offering" atau dengan kata lain penawaran umum perdana, dalam artian proses pertama sekali saham milik perusahaan  yang sudah go publik dijual kepada masyarakat umum, sehingga masyarakat menjadi bagian investor dari pada perusahaan tersebut.

Sedangkam ICO adalah penawaran coin perdana sebelum diluncurkan ke pasar bebas. ICO pada umumnya ditawarkan oleh developer dengan tujuan untuk mengumpulkan dana guna mengembangkan proyek yang mereka tawarkan, kemudian dana tersebut digunakan untuk merekrut dan membayar gaji developer lain, untuk menyukseskan proyek yang mereka garap tersebut.

ICO cenderung lebih dikenal dengan trendnya cryptocurrency dan blockchain saat ini, lebih tepatnya di sebut crowdsales. tujuan IPO dan ICO sama sama menjual saham untuk mendapatkan dana yang sebanyak bayaknya, namun keduanya mempunyai perbedaan yang mendasar dari segi prosedural penggalangan dana maupun regulasi yang berlaku, diantaranya :

IPO (Initial Public Offering)

  • Keuntungan diperoleh dari kapital gain (perubahan harga saham).
  • Pembagian Deviden (laba bersih) dari perusahaan setiap tahun.
  • Terikat dengan regulasi sebuah negara tempat ipo tersebut di tawarkan.

ICO (Initial Coin Offering)

  • Keuntungan dari perubahan harga token.
  • Tanpa pembagian Deviden setiap tahun.
  • Jangkauan investor lebih universal tanpa terikat dengan regulasi sebuah negara.

Sekian beberapa perbedaan mendasar ICO dan IPO yang dapat kami paparkan, silahkan berkomentar sekedar berbagi pengalaman atau menambahkan poin lain yang anda ketahui
Terimakasih
Komentar
Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa yang Santun dan Sesuai Topik Pembahasan
Terimakasih