Untung Rugi Penggunaan Auto Ads Pada Blog

Untung Rugi Penggunaan Auto Ads Pada Blog
Settingan Auto Ads pada Blog

Februari 2018 google menyematkan fitur baru pada dashboard akun Adsense berupa jenis iklan baru yaitu "Auto Ads", pihak google mengklaim unit iklan ini dapat meningkatkan CTR dan pendapatan para publisher.
Hampir genap setahun iklan auto ads digunakan oleh para publisher seluruh dunia, banyak pengalaman pengalaman baru yang di dapat berupa untung ruginya penerapan jenis iklan ini untuk memonetisasi blog.

Berikut ulasan untung rugi penerapan Auto Ads pada blog setelah hampir satu tahun pengalaman, beda bloger tentu beda pandangan dan pendapat tentang hal ini.

Beberapa keuntungan auto ads yaitu :
  • Praktis digunakan karna kode hanya di tempatkan sekali pada html blog, sisanya google yang akan mengatur tampilan iklan berdasarkan struktur dan tata letak konten pada blog anda.
  • Menghemat waktu, sehingga para publisher lebih fokus pada membuat konten yang berkualitas tanpa banyak membuang waktu dan tidak disibukkan dengan penempatan kode iklan. 
  • Berpotensi meningkatkan penghasilan para publisher jenis iklan yang muncul disesuaikan dengan jumlah visitor sehingga nilai ctr nya relative tinggi, secara otomatis iklan juga akan menganalisa tempat baru untuk muncul.
  • Selalu ada surprise, maksudnya iklan muncul di tempat yang tidak terduga, pengalaman pribadi iklan tampil dari bagian atas layar di posisi bawah header saat di scroll halaman ke bawah iklannya mengikuti seperti sticky sidebar.
  • Bagi anda yang belum mendapatkan kesempatan untuk menerapkan matched conten, Auto Ads kadang kadang memunculkan iklan diantar related post walau tidak sesempurna matched konten.
  • Penggunaan scrib cukup sekali sehingga lebih ringan dan tidak membebani loading blog dengan penempatan scrib yang banyak setiap lokasi iklan.

Adapun kerugian penggunaan auto ads pada blog meliputi :
  • Kontrol penempatan iklan penuh ditangan google, kadang munculnya tidak sesuai harapan, namun penempatan juga tidak lepas dari struktur templete yang digunakan.
  • Kadang bisa juga membuat loading blog lambat karna banyak iklan yang muncul, tapi masalah ini secara otomatis menyesuaikan sendiri oleh sistem google.
  • Iklan pada tampilan destop cenderung sedikit karna lebih dimaksimalkan pada tampilan mobile. Hal ini merugikan jika sumber trafik di blog anda lebih banyak dari pengguna destop, namun jika dominan visitornya pengguna mobile hal ini mungkin bukan suatu masalah besar jika dibadingkan dengan beberapa kelebihan yang anda dapat.
  • Iklan In-Article sering tidak muncul, walau artikel sudah agak panjang, apalagi jika artike yang pendek sering kosong tanpa iklan, namun kendala ini bisa di akalin dengan penambahan satu slot iklan manual di tengah artikel jadi jika Auto Ads nya tidak muncul minimal halaman artikel ga sepi sepi kali lah 😄😄😁 

Kira kira seperti itulah beberapa poin untung rugi penggunaan auto ads pada blog, silahkan share pengalaman anda lainnya di kolom komentar untuk menambah pengalaman para publisher lain terutama bagi yang baru menggunakan Auto Ads ini.
Selamat ber Eksperiment

Belum ada Komentar untuk "Untung Rugi Penggunaan Auto Ads Pada Blog"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa yang Santun dan Sesuai Topik Pembahasan
Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel