Arti dan Kegunaan KYC Dalam Bockchain

KYC merupakan singkatan dari Know Your Customer, dalam blockchain KYC merupakan keharusan untuk verifikasi sebuah akun, kegunaannya tak lain adalah untuk tujuan security atau keamanan dalam transaksi blockchain
Tehnosia Web
Arti dan Kegunaan KYC dalam blockchain

Apa itu KYC dan apa fungsinya .... ?

Mungkin kalimat ini pernah terlintas dalam benak kita disaat mulai melirik ke dunia fintech terutama saat bersinggungan dengan cryptocurrency dan trading, istilah KYC ini sering anda dapatkan.

Saat membuat sebuah akun di Global Exchanger seperti indodax atau tokocrypto, KYC merupakan keharusan untuk verifikasi akun sehingga anda dapat melakukan transaksi di dalamnya.

Pada dasarnya istilah KYC lebih dikenal di kalangan banker, KYC merupakan singkatan dari "Know Your Customer"  dalam artian bank mengenal siapa nasabahnya, hal ini sebagai salah satu upaya untuk mencegah pencucian uang dan kejahatan lainnya dalam industri perbangkan.

Dalam lingkup fintech KYC ini lazim berlaku di kalangan para pemain crypto sebagai persyaratan dari sebuah market yang mengharuskan setiap membernya  melakukan verifikasi akun dengan cara upload foto ID Card ( seperti KTP, SIM atau Passport) sampai swafoto dengan memegang dokumen pengenal beserta selembar kertas dengan tanda tangan dan tulisan sesuai ketentuan yang berlaku di setiap market.

Jadi, KYC dalam blockchain dapat diartikan sebagai verifikasi akun yang sesuai dengan identitas pengguna guna mendapatkan akses lebih dalam sebuah market.


Kegunaan KYC dalam Blockchain

Sebagai mana ulasan di atas, kegunaa KYC dalam blockchain tidak jauh beda dengan tujuan KYC dalam perbangkan.
Jika dalam perbangkan bertujuan untuk mengenal dengan baik para nasabah sehingga pihak bank bisa mengawasi setiap transaksi  nasabah dan dapat melaporkan adanya transaksi yang mencurigakan.

Maka , dalam blockchain KYC juga bertujuan untuk memberi keamanan bagi pengguna dan market itu sendiri, juga mengawasi transaksi blockchain, meminimalkan akun akun palsu yang dapat menimbulkan kejahatan cyber.

Sekian Arti dan Kegunaan KYC dalam Blockchain, semoga bermanfaat.


Komentar
Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa yang Santun dan Sesuai Topik Pembahasan
Terimakasih