Amazone Web Services (AWS) Mengelola Data Aplikasi Satu Sehat

Ternyata Data Aplikasi Satu Sehat Dikelola Oleh Pihak Ketiga, Siapakah Yang Terlibat Dalam Pengelolaan Data Masyarakat Yang Ada Dalam Aplikasi Ini...?
Tehnosia Web
AWS

Dalam era digital yang semakin maju, pengelolaan data menjadi sangat penting, terutama dalam konteks kesehatan. Satu Sehat merupakan solusi layanan berupa aplikasi yang ditawarkan pemerintah guna memudahkan akses dan pendataan data kesehatan terpusat bagi masyarakat indonesia.

Agar data dapat selalu di akses pastinya semua data dikelola dalam sebuat cloud, dalam hal ini pemerintah telah memilih AWS sebagai layanan multi Cloud pihak ketiga untuk mengelola data pada Aplikasi Satu Sehat guna memastikan aksesibilitas data yang optimal.

Dalam pengelolaan data, Amazone Web Services (AWS) sebagai pihak ketiga juga bersama dengan Pusat Data Nasional (PDN) yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan dan untuk memastikan keamanan data BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) juga turut mengawasi pelaksanaan ini.
langkah-langkah lain yang diambil untuk keamanan data termasuk pengujian yang cermat guna memastikan ketiadaan celah keamanan pada aplikasi tersebut berupa enkripsi data sehingga walaupun data dapat diakses, tidak akan mengandung informasi pribadi yang dapat diambil.

Tak hanya itu, Kementerian Kesehatan juga menerapkan standar keamanan data yang diakui secara internasional seperti ISO 27001 untuk manajemen keamanan informasi, ISO 27018 untuk privasi keamanan, dan ISO 27799 untuk manajemen keamanan informasi kesehatan.

Tingkat kesadaran terhadap keamanan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan karena aplikasi ini digunakan oleh masyarakat luas, namun pemerintah menjamin keamanannya dengan memastikan bahwa user ID login tidak akan dapat diakses oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Dengan upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan data oleh Kementerian Kesehatan, pengguna aplikasi Satu Sehat dapat merasa tenang dan yakin dalam memanfaatkan layanan tersebut. Pengelolaan data yang bertanggung jawab dan berintegritas tinggi menjadi kunci utama dalam menjaga privasi dan keamanan informasi kesehatan yang sangat berharga.

Komentar
Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa yang Santun dan Sesuai Topik Pembahasan
Terimakasih