Beberapa Istilah Populer dalam Dunia Crypto

Banyak sekali istilah istilah populer yang digunakan dalam dunia cryptocurrency dan blockchain, berikut pilihan beberapa diantara istilah tersebut yang pasti pernah anda dengar disaat bersentuhan dengan mata uang digital dan tekhnology blockchain ini
Tehnosia Web
Beberapa Istilah Populer Dalam Dunia Cryptocurrenc
Source: Pixabay

Banyak sekali istilah istilah populer yang digunakan dalam dunia cryptocurrency dan blockchain, berikut pilihan beberapa diantara istilah tersebut yang pasti pernah anda dengar disaat bersentuhan dengan mata uang digital dan tekhnology blockchain ini.

Staking

Staking adalah sebuah proses menahan (hold) atau menyimpan suatu koin dalam  sebuah wallet, dengan tujuan untuk mendapatkan staking reward dari perusahaan. Persentase staking reward ini berbeda beda setiap coin dan jangka waktu staking nya pun berbeda contoh ada coin yang memberikan staking reward 10% dari total staking koin selama 1 bulan.

Voting

Secara umum voting berarti suatu metode dalam mengambil kuputusan berdasarkan suara terbanyak. Dalam dunia crypto khususnya DPOS voting  diartikan sebagai pemberian suara untuk meningkatkan rating para Delegate yang mengkonfirm setiap transaksi blockchain yang dilakukan stakeholder.

Baca juga : Cara Melakukan Voting

Staking Reward

Merupakan reward atau hadiah yang diberikan kepada penambang yang telah melakukan staking coin dalam sebuah platform dalam waktu dan persentase yang telah ditentukan.

Profit Earning (PE)

Profit Earning atau biasa disingkat dengan "PE" adalah keuntungan penghasilan yang  didapat dari aktifitas transaksi dalam dunia cryptocurrency seperti profit earning yang kita dapat dari proses staking dan voting koin.

Genesis Block

Adalah blok pertama atau dalam versi moderennya dikatakan sebagai block 0 yang terbentuk  di dalam rantaian Blockchain.
Blok genesis ini beda dengan blok-blok lainnya dalam rantai blockchain karena ia tidak merujuk pada blok sebelumnya dikarenakan genesis block merupakan blok pertama sekali terbentuk dan menjadi rujukan blok blok lain yang terbentuk setelahnya.

ICO

ICO  singkatan dari " Initial Coin Offering " atau kata lainnya dari penawaran coin perdana, merupakan sebuah konsep dengan tujuan pengumpulan dana dari publik (crowdfunding) untuk penggarapan sebuah proyek mata uang crypto.

Bounty

Bounty pada dasarnya diartikan sebagai hadiah uang atau barang yang ditawarkan oleh seseorang atau suatu organisasi untuk penangkapan seseorang.
Dalam dunia cryptocurrency bounty merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mempromosikan coin yang mereka garap sehingga lebih dikenal tidak hanya dalam komunitas yang telah terbentuk namun juga dikenal ditengah pasar crypto dunia.

Bounty biasanya diberikan sebagai reward dalam bentuk coin yang sedang digarap sebagai mata uang crypto


Withdraw

Jika diartikan secara langsung withdraw berarti menarik atau mencairkan nominal saldo dari sebuah akun seperti akun  crypto kedalam rekening bank sehingga dapat datarik dalam bentuk uang fiat.

Airdrop

Dalam proyek cryptocurrency airdrop merupakan pemberian cuma cuman atau giveaway  dari developer sebuah project ICO yang sudah lama maupun yang baru dirilis sebagai bentuk promosi untuk menarik banyak orang sehingga menjadi komunitas untuk token mereka.

Sekian Beberapa Istilah Populer Dalam Dunia Cryptocurrency yang pasti sering anda temui, jika bermanfaat silahkan share artikel ini ke komunitas anda melalui media sosial dibawah ini.

Terimakasih 👋👋👋
Komentar
Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa yang Santun dan Sesuai Topik Pembahasan
Terimakasih
Pemosting Komentar
Mohon kepada datok arai, berikan kepastian waktunya untuk vote selanjutnya terima kasih