Ads Atas Post

Mengenal Beberapa Istilah Dasar Pada Akun Adsense

Mengenal Beberapa Istilah Dasar Pada Akun Adsense
Tampilan Ads pada Aplikasi Android

Mengenal istilah istilah dasar yang digunakan dalam akun adsense merupakan sebuah keharusan bagi publisher adsense, bagi publisher handal dan senior ini sudah bukan masalah karna pasti sudah hafal di luar kepala 😁😁😁, bahkan sudah sangat faham akan semua istilah dalam adsense tersebut, namun bagi pemula ini sebuah hal baru yang harus di cermati dan di pelajari untuk menjadi publisher handal dari adsense.

Diluar sana sudah banyak postingan membahas tentang beberapa istilah dasar pada akun adsense, namun tak mengapa semakin banyak para bloger yang membahasnya semakin membuat kita faham betul tentang istilah istilah dasar ini, bahkan bukan sekedar hafal kata dan kalimatnya saja tapi benar benar faham dan tau lebih detail tentang istilah dasar pada akun adsense ini, bagaimanapun beda pemberi penjelasan beda pula gaya pemaparannya dan tentunya beda pula yang bisa kita pahami oleh pembaca.

Lansung saja beberapa istilah dasar pada akun adsense adalah :

Hosted

Mungkin anda pernah melihat kalimat ini "Hosted Account" dibawah my account dalam dashboar akun adsense anda, ini berarti akun yang hanya dapat di digunakan untuk memonetisasi blogger atau youtube yang kita pakai untuk mendaftar adsense, dalam artian iklan dari akun ini tidak dapat di pasang pada blog lain yang berlainan email dan blog dengan domain .com, .co.id, .net, .xyz, .club, .top, .online dan domain domain TLD lainnya.

Begitu juga akun adsense dari youtube tidak dapat ditautkan di blog atau sebaliknya sebelum di upgrade terlebih dahulu ke akun non hosted.

Non Hosted

Non hosted account adalah akun yang di daftarkan dari blog TLD ( Top Level Domains) seperti yang dicontoh kan diatas, atau akun dari akun hosted yang sudah di upgrade.

Akun adsense jenis ini bisa di pakai pada banyak blog bahkan yang berlainan email, tapi aturan terbaru dari google setiap blog yang akan di tautkan atau di pasang kode iklan dari akun ini harus melewati tahapan review lagi sebelum disetujui untuk penayangan.

CTR ( Click Through Ratio)

Dalam istilah bahasa indonesianya disebut juga dengan sebutan RKT (Rasio Klik Tayang) Merupakan persentase jumlah klik iklan yang anda dapatkan dibandingkan dengan Jumlah tampilah halaman blog anda. Jangan merasa senang jika persentasenya tinggi diatas 10% karena besar potensi untuk dibenned.

Kenapa .... ?, karna rasionalnya menurut google normal jumlah klik adalah 10 % dari total visitor kalo melebihi akun anda akan di curigai berlaku curang, contoh : di blog anda hari ini ada 100 visitor dan total klik 30 ini tidak rasional dari 100 orang 30 % nya melakukan klik, karna rasionalnya klik menurut analisa google dibawah 10 orang.
Jika ingin banyak banyak klik valid yang dihitung google maka tingkatkan jumlah pengunjung dengan menyajikan artikel -artikel berkualitas pada blog anda 😇😆😁

CPC (Cost Per Click)

Istilah lainnya adalah BPK (Biaya Per Klik), CPC/BPK ini bisa di artikan sebagai besarnya komisi yang anda dapat dari google untuk setiap kali klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung blok anda, baik dalam mata uang rupiah maupun USD tergantung jenis akun adsense yang anda miliki.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya CPC/BPK yaitu diantaranya adalah:

  • Sumber trafik blok, pengunjung dari medsos biasanya memiliki nilai klik yang lebih rendah dibandingkan yang berasal dari pencarian google atau sering disebut unique visitor atau  visitor organik dari halaman pencarian/search engine.
  • Asal Negara, setiap negara memiliki biaya cpc yang berbeda beda, indonesia salah satu negara dengan nilai cpc rendah.Amerika dan beberapa negara eropa lain menjadi prima dona dengan nilai cpc paling tinggi.
  • Niche blog, jenis blog juga mempunyai peran untuk menentukan nilai cpc, blog dengan niche khusus seperti tekhno, kesehatan memiliki nilai cpc yang lebih tinggi dari blog pribadi yang membahas banyak hal alias blog gado gado.
  • Relevansi iklan dan judul, hal ini juga berpengruh semakin relevan iklan yang muncul dengan judul dan isi pembahasan blog maka kemungkinan nendapat cpc tinggi lebih besar.
  • Ukuran dan jenis iklan,  iklan gambar biasanya memiliki nilai cpc lebih tinggi dibandingkan iklan text, karna di iklan gambar lebih sering muncul iklan dari  perusahaan besar dari pada iklan text.


Estimated Earning ( Taksiran Penghasilan)

Adalah perkiraan atau estimasi penghasilan yang anda dapat sebagai publisher adsense, dapat dilihat dalam kurun waktu 7 hari yang lalu, hari ini, kemaren bahkan 1 bulan yang lalu. Estimated earning ini bukan lah final dari pendapatan anda, nilainya bisa saja berubah rubah  biasa pada sore hari nilai akan bertambah atau bisa jadi berkurang tergantung klik valid yang anda dapat.

Jumlah taksiran pendapatan ini dihitung dari jumlah klik valid dikalikan nilai cpc atau bpk, semakin banyak klik  dengan cpc tinggi maka semakin besar estimated earning yang muncul begitu juga sebaliknya.

PPS/RPM (Revenue Per Thousand Impression)

Merupakan perhitungan atau perkiraan pendapatan  yang dihitung dari per seribu tayangan  halaman blog anda.
Banyak hal yang mempengaruhi penurunan pendapatan PPS/RPM salah satu diantaranya adalah  desain situs yang tidak optimal atau karna penargetan yang buruk.

Semoga penjelasan beberapa istilah dasar pada akun adsense ini bermanfaat buat pembaca setia tehnosia, Terimakasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Beberapa Istilah Dasar Pada Akun Adsense"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bahasa yang Santun dan Sesuai Topik Pembahasan
Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel